Telkom Bawa Produk UMKM Binaan Ikuti China-ASEAN Expo di Tiongkok
Tiga produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom dibawa pada China-ASEAN Expo di Nanning International Convention and Exhibition Center (NICE), Guangxi, Tiongkok belum lama ini, dalam mendukung UMKM Go Global.
“Sejalan dengan fokus Telkom yang menyasar segmen B2B (Business to Business), Telkom senantiasa mendukung UKM Indonesia untuk masuk ke kancah global dan memperluas pasarnya guna mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ujar SGM Community Development Center Telkom, Hery Susanto, dalam keterangannya di Jakarta pada Senin (25/9/2023).
Acara China-ASEAN Expo merupakan pameran hasil kesepakatan pada KTT China ASEAN ke-7 pada Oktober 2003 lalu yang turut menjadi wadah kerja sama antara Tiongkok dan negara-negara di ASEAN dalam bidang perdagangan, investasi, dan wisata.
Acara tersebut turut dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin, serta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir
Hery mengatakan, tiga UMKM unggulan binaan Telkom yang ikut serta dalam acara ini yaitu ROTB Bali, Radalexo Bali, dan Soko Craft dari Pekalongan, Jawa Tengah.
“Diharapkan melalui keikutsertaan UMKM binaan Telkom di acara ini, dapat menjadi motivasi bagi para pelaku UKM untuk terus berkembang maju,” imbuhnya.
Lebih lanjut Hery mengatakan, melalui kegiatan ini, Telkom berupaya menyediakan wadah bagi para UMKM binaannya untuk mulai mengenal wilayah pengembangan usaha yang lebih luas dan menjanjikan bagi masa depan.
Dukungan Telkom ini merupakan salah satu wujud komitmen untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) poin delapan yakni memastikan mata pencaharian dan pertumbuhan ekonomi yang baik, dengan meningkatkan level UMKM di Indonesia dengan kegiatan ekspor produk ke luar negeri.
“Hal ini sekaligus bentuk kepedulian Telkom dalam membangun kemajuan UMKM untuk bisa mencapai kancah global,” tutur SGM Community Development Center Telkom
Menurut Hery, Telkom juga turut memberikan pembinaan berupa edukasi mengenai pentingnya memahami digitalisasi sebagai langkah awal para pelaku usaha beradaptasi dengan perkembangan globalisasi yang terus berlangsung hingga saat ini.
“Telkom juga memberikan upaya lainnya berupa pengadaan sertifikasi bagi para pelaku usaha hingga pembekalan setiap pelaku UMKM untuk dapat berkembang luas ke kancah global,” kata dia.
Sementara itu, Pemilik UMKM Radalexo, Ni Putu Radhani Sanjigandewi mengapresiasi dukungan Telkom untuk memajukan UMKM binaanya karena bisa menambah semangat kreatifitas untuk berkarya serta meningkatkan daya saing,
“Semoga ke depannya kami bisa ikut serta kembali dalam pameran-pameran UKM lainnya baik di dalam maupun luar negeri. Pameran seperti ini menurut saya sangat bagus selain mengenalkan produk UKM lokal tapi juga menambah semangat bagi para pelaku UKM untuk bekerja, berkreatifitas, serta berkompetisi dengan pelaku UKM lain,” tandas Ni Putu Radhani.
Komentar
Posting Komentar